Payakumbuh Kembali Gelar Salat Idul Fitri Berjamaah di Eks. Lapangan Poliko, Ini Alasannya

    Payakumbuh Kembali Gelar Salat Idul Fitri Berjamaah di Eks. Lapangan Poliko, Ini Alasannya

    PAYAKUMBUH, - Pemerintah Kota Payakumbuh kembali fasilitasi pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 H berjamaah di Eks. Kantor Balai Kota atau Halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh.

    Hal ini disampaikan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda saat ditemui di Balai Kota Payakumbuh, Senin 25 April 2022.

    "Pelaksanaan sholat Ied tersebut tetap kita laksanakan sesuai dengan aturan pemerintah terkait penetapan zonasi level PPKM di daerah kita, " kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi.

    Riza Falepi mengatakan imam salat Ied tersebut langsung dari Yaman yaitu Syaikh Al-Muqri Sa'ad Khanbari dan khatibnya sendiri dari anggota DPD RI Muslim M. Yatim.

    "Mari kita hadiri bersama karena sudah dua tahun kita tidak sholat Ied bersama di Balai Kota, tapi dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan, " ujarnya.

    Ia menjelaskan bahwa sebelum salat pihaknya akan melakukan pengecekan kesehatan dan menyediakan tim medis lengkap dengan ambulance.

    "Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya terus meningkatkan kewaspadaanya, selalu berhati-hati karena masalah keamanan dan ketertiban menjelang lebaran cenderung meningkat serta kepada dinas terkait untuk memasang CCTV di daerah-daerah yang rawan agar kita tetap bisa memantau setiap kejahatan yang mungkin saja terjadi, " ujarnya.

    Ia berharap semoga Kota Payakumbuh selalu kondusif dan keamanan tetap terjaga sehingga para perantau yang pulang kampung merasa nyaman berada di Payakumbuh.

    Sementara itu, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira mengatakan mengingat akan adanya lebih kurang 1, 8 juta perantau yang akan memasuki Sumatera Barat, sebagai daerah perbatasan pihaknya bersama TNI dan OPD terkait telah melaksanakan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan lalu lintas saat Idul Fitri 1443 H.

    "Kita akan tempatkan 2 Pospam yaitu di Piladang dan Simpang Warna Warni serta satu pos layanan di Pusat Kota Payakumbuh, dimana di sana kita juga menyediakan petugas kesehatan serta petugas vaksinator dan tempat istirahat bagi masyarakat, " katanya.

    Ia menambahkan untuk mengurai kemacetan pihaknya telah menyiapkan 155 personil dari Polres Payakumbuh ditambah personil TNI dan Perhubungan Kota Payakumbuh serta juga sudah menyiapkan skenario jalur alternatif untuk menjaga kelancaran lalu lintas di Payakumbuh.(**)

    Afrizal

    Afrizal

    Artikel Sebelumnya

    Terkait 3 Kasus Perdagangan Satwa Dilindungi,...

    Artikel Berikutnya

    Pelaku Penganiayaan Ditangkap Polisi Payakumbuh

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!
    Gandeng Forum RT, Langkah Inspiratif Perumda Batiwakkal Layani Masyarakat
    Gold: A Journey With Idris Elba
    Empire of Shadows: True Story of the Richest Family in History
    Panglima TNI  Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI